6 Rumah Adat Indonesia yang Desainnya Bisa Buat Ide Bangun Rumah!

Kamu ingin punya rumah dengan desain kece? Kamu tidak perlu susah-susah cari ide ke luar negeri, kamu cukup lihat desain rumah adat di Indonesia sendiri saja. Indonesia memiliki banyak pulau yang bisa digunakan sebagai tempat belajar bagi para arsitektur yang ada di Indonesia.

Bentuk dan struktur bangunan rumah adat di Indonesia sangat menawan jika dipandang kelokalan. Orang-orang zaman dahulu memang sudah memiliki ide yang sedemikian hebatnya. Setidaknya kamu bisa simak berbagai model rumah adat yang ada di Indonesia.

1. Rumah Joglo dari Jawa

Rumah Joglo

Rumah adat Jawa Tengah ini banyak dipakai oleh masyarakat modern untuk ide desain dan bangun rumah. Rumah yang desainnya untuk masyarakat yang menyukai hal-hal seni ini biasanya ada beberapa pembagian ruangan yang penting.

Ruangan tersebut seperti pendapa, pringgitan, dalem, sentong, gandok tengen, dan gandok kiwo. Uniknya, ruangan pendapa ini digunakan sebagai ruang pertemuan berbagai acara besar yang tidak memiliki sekat.

Rumah pendapa ini biasa digunakan sebagai tempat pagelaran kesenian yang sangat unik. Pada ruangan pendapa ini juga memiliki struktur konstruksi soko guru yang sangat filosofis. Ruangan pringgitan biasa digunakan sebagai penghubung bagian pendopo dan rumah dalem yang bisa digunakan sebagai ruang tamu.

2. Rumah Krong Bade dari Aceh

Rumah Krong Bade

Rumah adat Krong Bade merupakan rumah adat untuk provinsi aceh. Ciri dari rumah ini ialah memiliki tangga pada bagian depan yang biasa digunakan sebagai jalan masuk rumah. Anak tangga pada rumah ini jumlahnya ganjil dan tidak bisa genap.

Rumah krong bade biasanya menjulur arah timur ke arah barat seperti Ka’bah. Model panggung ini biasanya 2,5 meter sampai 3 meter. Dinding rumah ini dibuat dari kayu yang dihiasi dengan lukisan yang indah.

Biasanya pintu rumah selalu dibuat dengan arah lebih pendek sekitar 1,2 meter sampai 1,5 meter. Tujuan dari ruangan ini biasanya digunakan sebagai salam hormat dengan tidak mengenal sosial atau ada pembagian kasta.

3. Rumah Gadang dari Sumatera Barat

Rumah Gadang

Rumah bagonjong atau rumah godang ialah rumah adat yang berasal dari Sumatera Barat. Rumah adat ini sangat menonjol di bagian atap sehingga bentuknya mirip tanduk yang memiliki ujung atapnya.

Ruang yang ada di rumah ini memang didesain tanpa sekat kecuali kamarnya. Rumah gadang dilambangkan untuk kehadiran kaum bangsawan. Bagian depan rumah dilengkapi ukiran ornamen yang motifnya seperti akar, daun, bunga, dan persegi empat.

4. Rumah Tongkonan dari Sulawesi Selatan

Rumah Tongkonan

Tongkonan ialah rumah adat Toraja. Bentuk dari rumah adat ini ialah mirip dengan perahu yang tersusun dari bambu. Pada bagian depan rumah memiliki deretan tanduk dari kerbau. Biasanya di dalam rumah terdapat tempat tidur serta dapur.

Pada bagian depan rumah biasanya terdapat lumbung padi yang sangat banyak. Tongkonan biasanya dibagi ke dalam strata sosial yang ada di toraja ini. Tiang bulat dibuat untuk menyangka lantai dinding yang tidak ditanam, tapi langsung berada di dalam batu berukuran besar.

5. Rumah Lamin dari Kalimantan Timur

Rumah Lamin

Rumah adat Lamin menurut sejarahnya memang berasal dari suku asli Kalimantan atau suku Dayak Timur. Corak ornamen rumah lamin biasanya dibuat panjangnya seluas 300 meter, lebar 15 meter, dan tinggi kurang lebih 3 meter.

Penghuni rumah ini yang ada biasanya diawali 12 hingga 30 kepala keluarga. Bagian depan dari rumah biasanya ditambah dengan patung totem dengan dipercaya jelmaan dewa oleh suku Dayak.

Leave a Comment