Menata Rumah yang Aman untuk Anak Dalam Belajar dan Bermain

Menata Rumah yang Aman Untuk Anak – Ketika kita memiliki rumah kenyamanan dan keamanan merupakan poin teratas yang diperhatikan. Bukan hanya untuk ibu, ayah dan anggota tertentu saja melainkan mereka yang lebih mengutamakan nyaman dan aman yaitu anak-anak. Menjaga keamanan buah hati menjadi pekerjaan rumah yang dilakukan oleh orang tua.

Seperti yang kita tahu, anak dengan usia balita biasanya mempunyai rasa keingintahuan yang sangat besar. Sehingga jika orang tua tidak bisa menjaga dengan baik akan sulit mengawasi anak dirumah. Terutama anak yang baru bisa berjalan.

Tips Menata Ruangan yang Aman Untuk Anak

menata rumah
http://furnizing.com

Untuk memenuhi rasa keingintahuannya, anak seringkali mnyentuh ataupun tidak tahu apakah ada benda membahayakan. Jika sudah terjadi orang tua baru mengatasinya. Berikut ini tips membuat furniture aman untuk anak-anak :

  1. Buat Rak Tinggi dan Berat

Ketika anda memiliki hiasan rumah atau punya pernak-pernik sudah pasti ansa ingin menghiasnya atau memajangnya. Namun jika menggunakan rak rendah benda akan mudah dijangkau. Terutama jika benda tersebut berbahan keramik, kaca atau beling. Mereka seringkali tertarik pada benda-benda kecil dan mengkilat. Tak peduli betapa berharganya hiasan tersebut bagi Anda.

Siasatnya adalah susun aksesoris tersebut di rak paling tinggi di atas rak buku, jika anda takut rak tersebut disentuh dan di ganggu oleh si kecil paku rak ke tembok atau beli rak berbahan berat. Jika perlu, Anda bisa membentangkan karpet empuk dengan bantal-bantal lucu di sebelah rak buku, sehingga perhatian si kecil teralih.

Bahan rak yang berat akan bahaya bagi si kecil jika rak jatuh. Anda bisa mendapatkan rak yang aman dan nyaman di toko toko dengan kualitas yang istimewa.

  1. Tutup Kontak

Seringkali orangtua menyepelekan hal seperti ini padahal sudah jelas stop kontak pokoknya sangat berbahaya. Tidak hanya untuk anak-anak dewasa pun berbahaya. Umumnya stok kontak berada di bagian yang rendah dan terlihat. Cara yang bisa dilakukan untuk melindungi buah hati Anda dari stop kontak ialah dengan menyembunyikannya di balik lemari, sofa dan tempat tidur.

Namun permasalahannya jika disembunyikan anda akan sulit menjangkau stop kontaknya. Nah ada cara kedua yakni menutup dan menguncinya. Ada plug khusus yang harganya tidak terlalu mahal bisa anda manfaatkan. Tidak perlu semua namun stop kontak yang memungkinkan dijangkau si kecil.

  1. Pagar Tangga

Untuk anda yang memiliki rumah tingkat dua maka cara ini sangat penting. Pagar atau pembatas di tangga sangat diperlukan agar si kecil tak beresiko jatuh dari ketinggian atau berusaha menaiki tangga. Terutama jika letak tangga dibelakang dimana tidak terlihat pandangan.

Sebenarnya tangga tak hanya hal yang membahayakan satu-satunya di dalam rumah yang membutuhkan pagar. Ada juga kolam ikan, kolam renang dan area teras yang mungkin perbedaan ketinggiannya lumayan tinggi. Baiknya memberikan pintu atau pagar pembatas untuk lebih aman.  Terkadang anak kecil lebih cerdik dibanding ayah dan ibunya.

  1. Berikan matras

Pasanglah matras antilicin di kamar mandi atau rumah bermain anak khususnya area luas untuk bermain seperti ruang keluarga dan lainnya. Terutama jika anak anda berusia di atas tiga tahun. Gunanya agar mereka tidak terpeleset saat di luar pandangan kita. Karena mereka sedang aktif-aktifnya untuk bergerak.

Selain itu anda bisa memakai matras menggunakan rumput sintetis, anda bisa beli di toko jual rumput sintetis yang ada ini.

  1. Pelindung furniture

Ketika ada buffet rendah atau perabotan yang berbentuk segiempat pasti terdapat siku. Perlu diketahui bahwa sebuah furniture terkadang memiliki sisi tajam dan anak seringkali terbentur. Coba buat siku yang terbuat dari gabua atau bahan empuk lain untuk melindungi siku perabotan dan anak-anak lebih aman bermain.

Leave a Comment