Manfaat Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman non musim yang bisa dipetik kapan saja. Selain pertumbuhannya yang cepat, tanaman ini diam-diam punya manfaat luar biasa.

Gimana enggak? Lidah buaya punya peranan penting dalam perawatan tubuh mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Manfaat lidah buaya untuk rambut

Rambut merupakan salah satu aset terpenting bagi wanita dan pria jika ia ingin tampil cantik serta tampan. Sebab, rambut punya pengaruh besar terhadap bentuk wajah seseorang.

Misalnya saja, wajah bulat akan memilih model rambut bob atau berponi supaya ia terlihat makin cute. Sementara pria, akan membentuk rambut mereka menurut tren yang sedang berkembang.

Nah, kalau rambut dalam keadaan sehat sih nggak masalah, tapi bagaimana dengan mereka yang punya rambut bermasalah? Tentu saja hal seperti itu akan memberikan pengaruh juga pada kepercayaan diri saat tampil di depan publik.

Tapi tenang saja, karena hanya dengan lidah buaya, masalah rambut seperti di bawah ini bakal terselesaikan.
Menghitamkan rambut

Bingung mau menghitamkan rambut? Coba gunakan lidah buaya dan minyak kemiri. Kedua bahan ini mampu menghitamkan serta mengurangi rontok pada rambut.

1. Melebatkan rambut

manfaat lidah buaya dan garam

Lidah buaya mengandung enzim proteolitik yang berfungsi sebagai pengganti kondisioner buatan manusia. Nah, kalau rajin menggunakan lidah buaya, maka kemungkinan besar rambut akan lebih lebat, halus, dan tampak berkilau seperti sedia kala.

2. Membasmi ketombe

manfaat lidah buaya bagi lingkungan

Ketombe memang bikin kita risih sepanjang hari. Kadang kalau terkena paparan sinar matahari dan kurang oksigen, kepala tiba-tiba jadi gatal dan panas, sehingga munculnya ketombe jadi lebih mudah.

Nah, agar ketombe langsung hilang, kamu cukup oleskan lidah buaya ke kulit kepala dan di sela-sela rambut secara merata. Lidah buaya mengandung zat anti bakteri yang bisa menyebabkan timbulnya ketombe di kepala.

Manfaat lidah buaya untuk perawatan wajah

Bukan hanya rambut, lidah buaya juga sering dipakai untuk treatment wajah oleh seluruh kalangan di dunia ini.

Sebab, lidah buaya mengandung banyak protein, zinck, asam amino, vitamin C, dan germanium, sehingga cocok dan tepat dijadikan bahan untuk menyehatkan kulit. Beberapa manfaat yang diperoleh di bawah ini adalah hasil perawatan dengan lidah buaya lho!

1. Memutihkan wajah

Cara memutihkan wajah dengan lidah buaya sangat mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan lidah buaya degan satu senok teh susu bubuk (bisa kambing maupun sapi, asalkan plain dan tidak mengandung gula tinggi.

Usahakan rendah gula atau menggunakan gula jagung) lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu bilas wajah menggunakan air hangat suam-suam kuku supaya bekas lidah buaya dan susu dapat hilang secara merata.

2. Menghilangkan flek hitam

Flek hitam sangat mengganggu wajah. Hilangnya jika ditutup menggunakan BB cream, bedak, foundation, cushion, dan sejenisnya.

Tapi kalau secara permanen? Belum tentu. Makanya, penggunaan lidah buaya sebagai masker atau bahan oles wajah yang terkena flek sangat dibutuhkan.

3. Menghilangkan jerawat

Siapa sih yang belum pernah mencoba untuk menghilangkan jerawat dengan lidah buaya? Padahal sudah banyak yang membuktikan kalau mengoleskan cairan bening lidah buaya ke wajah akan menghilangkan jerawat dan bekasnya jika dipakai secara rutin.

4. Menormalkan produksi minyak pada wajah

Karena lidah buaya punya sifat kering setelah digunakan, maka hasilnya akan menjadikan kulit lebih kenyal, kencang, dan produksi minyak mampu dikendalikan.

Itulah sederet kegunaan lidah buaya yang bisa diaplikasikan setiap hari untuk kesehatan tubuh dan sebagai bahan pendukung produk kecantikan.

Kalau kamu tahu bagaimana cara mengolah tanaman ini, maka manfaat yang dihasilkan pun juga akan besar.

Leave a Comment