5 Makanan Khas Kalimantan yang Menggugah Selera Makan

Kalimantan sudah terkenal dengan suku Banjar nya yang berparas rupawan. Di pulau Kalimantan juga ada banyak sekali kuliner yang rasanya tidak akan kalah lezat dari pulau lainnya. Makanan khas Kalimantan sebagian besar terbuat dari olahan laut seperti ikan patin dan ikan gabus. Berikut ini akan kami bahas tentang 5 makanan khas dari Kalimantan yang kelezatannya akan membuat kamu ingin segera mencobanya.

Iwak Pakasam (Iwak Basamu)

sumber.com

Iwak pakasam adalah sejenis ikan laut yang dikeringkan, hampir sama dengan ikan asin sih. Hanya saja, jika ikan asih difermentasi dengan menggunakan garam saja, maka iwak pasakasam difermentasi dengan menggunakan garam dan beras ketan.

Garam dan beras ketan yang sudah ditumbuk halus lalu dilumuri ke seluruh permukaan ikan. Diamkan ikan dalam beberapa hari agar proses fermentasi bisa sempurna. Jika sudah benar-benar kering, iwak pakasam biasanya akan digoreng garing lalu dimakan bersama taburan bawang gorerng dan nasi hangat. Makanan khas Kalimantan ini biasanya juga dijadikan sebagai oleh-oleh wisatawan yang datang ke Kalimantan.

Ketupat Kandangan

http://pariwisatakalsel.com

Ketupat kandangan biasanya dinikmati seperti soto balap. Di dalam sebuah menu ketupat kandangan ada ketupat ala Kalimantan, kuah soto dan daging ikan. Kuah soto yang digunakan berwarna lebih keruh dari soto banjar. Karena di dalamnya diberi kuah santan yang cukup banyak, hal tersebut sedikit berbeda dengan soto banjar yang tidak terlalu banyak menggunakan santan.

Ikan yang digunakan biasanya ikan gabus. Di Kalimantan mudah sekali menemukan ikan gabus. Selain ikan patin, ikan gabus juga sudah banyak dibudidayakan di sana. Selain itu, biasanya ikan akan dipotong-potong dalam ukuran besar mulai dari kepala hingga ekor.

Gangan Asam Banjar

cookpad.com

Bahan utama yang digunakan adalah ikan patin atau ikan gabus. Tekstur dan ukuran kedua ikan ini hampir sama, sehingga masyarakat Kalimantan selalu menggunakan kedua ini ketika memasak gangan asam banjar.

Kuah sayu ini berwarna kuning keruh perpaduan dari santan dan kunir. Rasanya agak sedikit asam dan gurih perpaduan dari irisan tomat dan garam. Biasanya makanan khas Kalimantan ini paling nikmat jika disantap dengan nasi putih hangat. Apalagi jika kuah yang lezat dicampurkan renyahnya ikan patin goreng, aromanya pasti menggodakita untuk segera menyantapnya.

Ayam Cincane

http://sajiansedap.grid.id

Ayam cincane bisa dibilang makanan khas Kalimantan yang berasal dari bangsa Tionghoa. Makanan ini terbuat dari daging ayam yang diberi bumbu super lengkap lalu dipanggang. Bahan-bahan tambahan yang digunakan dalam ayam cincane biasanya adalah jahe, lengkuas dan kemiri. Perpaduan dari ketiga bahan tersebut akan menghasilkan aroma yang sangat menggoda selera.

Daging ayam yang sudah dibersihkan biasanya akan dipotong-potong lalu diungkep bersama semua bumbu yang sudah dihaluskan. Setelah bumbu dirasa sudah meresap, ayam cincane tinggal dibakar hingga matang. Jika sudah selesai, kamu bisa menyantapnya dengan nasi hangat dan sambal ala Kalimantan.

Daging Masak Bumi Hangus

http://anekacara.com

Dari namanya saja mungkin kita akan membayangkan sebuah daging hangus tak berbentuk yang akan disuguhkan. Namun jangan salah, daging masak bumi hangus adalah salah satu makanan khas Kalimantan yang ketenarannya sudah menyebar kemana-mana.

Daging masak bumi hangus biasanya berbahan dasar daging sapi. Daging sapi yang sudah dibersihkan akan dimasak dengan rempah-rempah khusus lalu dicampur dengan kecap. Warna daging yang berubah menjadi hitam inilah yang mejadikannya seperti daging gosong. Tapi tenang saja, kuliner ini tidak akan dimasak sampai gosong kok, hanya akan dimasak sampai semua bumbu benar-benar sudah menyerap.

Leave a Comment