Makam Sunan Ampel, Salah Satu Wali di Jawa Timur !!

Makam Sunan Ampel – Jika ingin merasakan suasana yang sedikit berbeda dengan suasana Surabaya pada umumnya, Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel merupakan salah satu alternatif yang bisa dipilih. Ketika sampai di kawasan ini, yang pertama kali terasa adalah suasana khas Timur Tengah yang begitu kental. Kawasan Ampel ini merupakan pertemuan berbagai etnis, yang didominasi oleh etnis keturunan Arab. Kawasan ini juga telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Pemerintah Kota Surabaya.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa simak beberapa informasi tentang makam sunan ampel berikut.

1. Alamat/Lokasi Makam Sunan Ampel

Alamat/Lokasi Makam Sunan Ampel

Makam Sunan Ampel berlokasi di Jalan Pertukangan I, Ampel, Semampir, Ampel, Semampir, Kota SBY, Jawa Timur 60151.

Selain masjidnya, daya tarik lain dari wisata religi Sunan Ampel yaitu perkampungan arabnya yang cukup terkenal. Kawasan ini berada di Jl Ampel Suci 45 dan Jl Ampel Masjid 53 dan berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Surabaya.

2. Mengenal Sunan Ampel

Mengenal Sunan Ampel

Sunan Ampel memiliki nama kecil Raden Rahmat dan diperkirakan dilahirkan di Champa pada tahun 1401. Menurut Encyclopedia van Nederlandesh, Champa berlokasi di Kamboja, sedangkan menurut Raffles, Champa berlokasi di Aceh. Nama Ampel sendiri diambil dari daerah Ampel Denta di mana beliau saat itu bermukim.

Daerah Ampel Denta merupakan hadiah dari Raja Majapahit. Di daerah yang dulunya berawa-rawa ini, Sunan Ampel kemudian membangun pondok pesantren yang pada abad ke 15 menjadi pusat pendidikan yang sangat berpengaruh di Nusantara dan mancangegara.

Sunan Ampel dipercaya merupakan satu dari sembilan wali yang menyebarkan Islam di Pulau Jawa (Wali Songo). Beliau juga merupakan pencetus “Ma Lima” yang merupakan ajakan untuk tidak berjudi, mabuk, mencuri, memakai narkoba, dan berzina. Sunan Ampel diperkirakan wafat pada tahun 1481 di Demak dan dimakamkan di sebelah barat Masjid Ampel, Surabaya.

3. Masjid Ampel

Masjid Ampel

Masjid Sunan Ampel yang dibangun dengan gaya arsitektur Jawa kuno dan nuansa Arab Islami. Masjid ini masih dipengaruhi dengan alkuturisasi dari budaya lokal dan Hindu-Budha lewat arsitektur bangunannya. Di masjid inilah saat itu sebagai tempat berkumpulnya para ulama dan wali dari berbagai daerah di Jawa untuk membicarakan ajaran Islam sekaligus membahas metode penyebarannya di Pulau Jawa.

Masjid Ampel berbahan kayu jati yang didatangkan dari beberapa wilayah di Jawa Timur dan diyakini memiiki ‘karomah’. Seperti disebut dalam cerita masyarakat, saat pasukan asing menyerang Surabaya dengan senjata berat dari berbagai arah dan menghancurkan kota Surabaya namun tidak menimbulkan kerusakan sedikitpun pada Masjid Ampel bahkan seolah tidak terusik.

4. Tempat Wisata Religi di Surabaya

Tempat Wisata Religi di Surabaya

Saat memasuki bulan Ramadhan, Masjid Agung Sunan Ampel menjadi salah satu kawasan yang paling dicari. Selama Ramadhan, jumlah pengunjung meningkat dua kali lipat dibanding hari biasa yang rata-rata mencapai 2.000 orang. Pengunjung akan semakin banyak pada saat ’maleman’ (malam tanggal 21, 23, 25, 27, 29 Ramadhan) dengan jumlah di atas 10 ribu orang, bahkan dapat mencapai 20 ribu orang. Selain niat ingin menjalankan salat dan dzikir di tempat yang tenang, banyak yang datang untuk ziarah ke makam Sunan Ampel.

Ketika berkunjung ke Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel ini, tentu tidak lengkap jika tidak berwisata belanja. Di sini kita bisa membeli berbagai macam aksesoris dan produk yang berbau Timur Tengah, seperti kajal dan siwak. Tempat ini juga menjual berbagai macam barang seperti baju muslim, sarung, baju koko, peralatan ibadah, makanan, dll.

Semoga informasi yang kami berikan diatas mengenai Wisata Religi Makam Sunan Ampel Surabaya bermanfaat. Selamat berlibur dan dapatkan sensasi wisata religinya hanya di Sunan Ampel Surabaya. Jika ingin berlibur ke sini anda bisa mencari jasa travel kediri malang surabaya yang mneyediakan wisata religi di Surabaya.

Leave a Comment