Jenis Ikan Koi yang Indah dan Cocok Mengisi Kolammu

Koi merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang banyak digemari oleh masyarakat. Di pasaran, ada banyak sekali jenis ikan koi, dan tentu saja memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing.

Dengan banyaknya jenis ikan koi, tentu saja bisa membaut para pecinta pemula kebingungan untuk memilih akan memelihara jenis ikan koi yang seperti apa. Tapi, yang jelas, kalau memelihara ikan koi, kamu perlu memberikan perlakuan yang khusus untuk para ikanmu ya.

Nah, konon, di Jepang, ikan ini merupakan simbol persahabatan dan cinta. Hal tersebut karena kata koi merupakan homofon dari kata lain yang menjadi simbol cinta. Ikan yang berasal dari negeri tirai bambu ini juga dipercaya membawa keberuntungan. Padahal, keberuntungan itu nggak akan datang kecuali kehendak Allah yang Maha Kuasa.

Ikan koin masuk ke dalam ikan berjenis Karper cyprinuscarpio. Ikan ini cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan yang lucu dan indah ketika dilihat. Memiliki corak, motif, serta warna yang indah membuat ikan koi ini hampir mirip dengan ikan mas. Tetapi, ikan koi tampak lebih beranekaragam dan mencolok.

Tak heran, beberapa ikan koi dibedakan berdasarkan beberapa polanya. bentuk tubuh, dan juga corak warna di tubuhnya. Mau kenal lebih dekat dengan koi, berikut ini beberapa koi yang menjadi unggulan para pecintanya.

1. Kohaku

Ikan koi Kohaku
ikankoi-bacaaku.blogspot.co.id

Jenis yang pertama ini merupakan koi tertua jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Kohaku memiliki warna dasar putih dan corak merah di bagian atasnya. Kohaku dengan kualitas terbaik warna dasarnya adalah putih dengan coraknya berwarna merah.

Kohaku juga memiliki berbagai jenis lainnya, seperti tancho kohaku, maruten kohaku, dan gin rin kohaku. Ketiga jenis kohaku tersebut tentu sama-sama memiliki keindahannya tersendiri.

2. Taisho Sanke

Mirip dengan kohaku, taisho sanke memiliki warna dasar putih solid, perbedaannya hanya terletak pada pola merah di bagai natasnya. Taisho sanke memiliki corak warna merah yang berapadu dengan hitam. Taisho sanke lebih sering disebut dengan sanke, hal ini tentu saja untuk memudahkan para pecinta koi dalam menyebutkan namanya.

3. Showa Sanshoku

Showa Sanshoku
my-updatenews.blogspot.com

Jenis ikan koi selanjutnya adalah showa sanshoku, atau biasa disebut dengan showa saja. Jenis yang satu ini sebenarnya mirip dengan sanke, perbedaan utama dari kedua jenis ini adalah pola hitam yang ada di tubuh. Pola hitam pada showa menyebar ke seluruh tubuh, sedangkan kalau sanke, pola hitamnya hanya ada di bagian atas saja. Selain itu, pola hitam showa juga ada di bagian kepala, sedangkan pada sanke tidak ada.

4. Asagi

Jenis yang satu ini adah jenis ikan koi asli Jepang yang punya pola biru di bagian belakang tubuhnya, dan juga ada kombinasi warna merah-oranye di bagian perut dan sirip.

Kalau mau tau jenis koi yang baik, kamu bsia melihat pola merah di bagian atas garis lateralnya. Koi dengan kualitas baik, pola merahnya tidak memanjang.

5. Shusui

Shusui merupakan keturunan dari asagi, dan membedakan shusui dan asagi ini tentu saja harus teliti sekali karena hanya ada sedikit perbedaan yang ada. Perbedaan dari kedua jenis ikan koi ini adalah pada warna sisik dorsalnya.

6. Tancho

Tancho
youtube.com

Jenis tancho adalah kou yang masuk ke dalam spesies kohaku. Ikan ini bahkan sangat populer dalam kelompok spesies tersebut. Konon, menurut legenda, ada banyak cerita yang membuat koi tancho dihormati oleh orang Jepang.

Leave a Comment