Cara Mengecek Mobil Bekas Tabrakan dan Banjir Sebelum Membelinya

CARA MENGECEK MOBIL BEKAS – Saat ini, pasar mobil bekas masih ramai peminat, khususnya bagi mereka yang butuh mobil dengan harga terjangkau. Tapi, sebelum membelinya, cara mengecek mobil bekas harus benar-benar dipahami agar tidak tertipu dan mengeluarkan biaya tambahan untuk perbaikan.

Selain itu, pengecekan bisa membuat Anda tahu apa saja yang perlu diperbaiki atau perlu diganti dengan spare part baru. Anda pun bisa menawar harga yang ditawarkan penjual setelah menyesuaikannya dengan biaya perbaikan yang akan Anda keluarkan.

Selanjutnya, dengan mengecek kondisinya terlebih dahulu, Anda tidak seperti membeli kucing dalam karung. Selain membawa orang yang dianggap paham tentang mesin atau langsung menyewa jasa montir.

Simak cara pengecekan berikut yang bisa Anda terapkan. Tips berikut sangat penting terutama bagi Anda yang ingin menjalan bisnis rental mobil di kota Anda sendiri.

[toc]

Cara Mengecek Mobil Bekas pada Bagian Interior

cara mengecek mobil bekas
pixabay.com

Bagian pertama yang perlu Anda cek adalah interiornya. Pastikan untuk tidak melewatkan setiap sudut jok, dashboard, plafon, lantai, sampai bagasinya. Semua bagian ini bisa dilihat kondisinya secara langsung menggunakan mata atau merabanya.

Begitupula dengan fitur pelengkapnya seperti odometer, speedometer, serta peralatan audio dan pendingin udara di dalamnya. Jarak tempuh pada odometer bisa juga dijadikan sebagai acuan saat ingin mengukur usia mobil.

Beberapa mobil juga dilengkapai dengan fasilitas berupa komputer mesin. Jadi, setiap kerusakan yang terjadi pada mobil bekas tersebut akan memudahkan Anda untuk segera mengambil tindakan. Periksa juga sensor parkir, kamera parkir dan lainnya.

Pendingin yang aman yaitu dari bahan freon R134 yang aman untuk lingkungan dan menunjukkan tahun pembuatan di atas 1993. Anda bisa membuktikannya dengan mencari stiker R134 pada bagian kondensornya.

Cara Mengecek Mobil Bekas pada Bagian Eksterior

cara mengecek mobil bekas
pixabay.com

Cara mengecek mobil bekas pada bagian interiornya tentu berbeda dengan eksterior. Anda perlu meraba-raba setiap bagian luarnya. Karena, untuk mobil bekas yang pernah mengalami tabrakan atau terendam banjir cukup lama, tentu akan dilapisi dengan cat baru.

Nah, Anda bisa mengecek semua perubahan, baik goresan, penyok, karat, dan permukaan yang bergelombang dengan melihat dan merabanya. Jika Anda menemukan bagian yang kasar, kemungkinan besar itu adalah bekas isolasi yang digunakan saat pengecatan ulang.

Selanjutnya, Anda juga perlu memeriksa ban. Jika tingkat keausan atau kerusakannya berbeda, hal ini menunjukkan adanya ban yang pernah diganti. Selain itu, periksa juga permukaannya. Jika tidak lurus, biasanya diakibatkan oleh setir atau suspensi yang sudah aus.

Bagian eksterior terakhir yang harus diperiksa yaitu rangka dan bagian bawah mobil (knalpot). Rangka besi yang menghubungkan spatboard kiri dan kanan serta menjadi tempat radiator harus dibaut, bukan di-las. Sedangkan knalpot tidak boleh mengeluarkan asap putih.

Cara Mengecek Mobil Bekas pada Bagian Mesin

cara mengecek mobil bekas
pixabay.com

Selanjutnya, untuk memeriksa mesin, awali dari bagian kap-nya dengan cara diraba. Setiap penyok atau kerusakan bisa terdeteksi dengan cara ini. selainitu, pada spatboard yang berada di bawah kap mesin, harus masih memiliki label yang sesuai dengan nomor rangka mobil.

Jika tidak ada, maka pernah terjadi kerusakan sehingga sudah diganti. Kemudian, periksa juga kondisi selang dan sabuknya yang tidak boleh retak seperti sawah mengering. Karena, rentan putus dan Anda harus mengeluarkan bujet sampai 5 juta untuk memperbaikinya.

Sabuk termahal jika Anda harus membeli dan menggantinya yaitu timing belt. Sabuk ini sebenarnya masih bisa diganti dengan rantai (timing chain). Nah, setiap timing belt memiliki usia yang cukup panjang, karena bisa mencapai jarak 170.000 kilometer.

Setelah itu, periksa wadah oli mesin yang jika ada buih putih di bagian penutupnya, maka bisa jadi ada kebocoran pada kepala silindernya. Cairan pendingin radiator juga tidak boleh berwana coklat kotor, karena kemungkinan jarang dirawat setelah banjir atau tabrakan.

Cara mengecek mobil bekas yang tidak kalah wajib untuk diterapkan adalah dengan mencoba untuk mengendarainya. Periksa rem dan antiselipnya serta kemungkianan terjadinya goncangan pada kecepatan di atas 70 km/jam.

Leave a Comment